Cara Mengetahui dan Melihat Batu Cincin Yang Bagus

Advertisement

Advertisement
Memilih batu cincin untuk dipakai sebagai perhiasan tentunya memerlukan kejelian . Salah sedikit saja , mungkin anda akan menyesal bila memilikinya . Batu cincin yang bagus , tentunya melewati beberapa syarat . Syarat-syarat tersebut tentunya harus dimiliki oleh sebuah batu cincin , agar bisa menaikkan nilainya .

Kami akan membeberkan sedikit pengetahuan  kami tentang cara mengetahui dan melihat batu cincin yang memiliki kualitas yang bagus . Tentunya , cara ini hanyalah pendapat kami dan tidak bisa menjadi tolak ukur anda dalam menentukan sebuah batu cincin yang bagus .

Cara Mengetahui Batu Cincin Yang Bagus

Batu Cincin Anda Bebas Dari Kacacatan

Yang pertama sekali adalah batu cincin anda terbebas dari kecacatan fisik . Kecacatan ini sendiri bisa terjadi karena kesalahan pengerajin , kesalahan penjual dalam menyimpan barangnya , atau juga kecacatan batu yang sudah dari bongkahaannya . Kecacatan ini sendri meliputi retakkan , goresan , lubang , dan bentuk batu yang tidak sempurna .

Cara Mengetahui dan Melihat Batu Cincin Yang Bagus
Anda dapat mengukur dan melihat apakah batu anda tidak baling atau peyot adalam pembentukkannya . Syarat yang paling utama adalah kecacatannya . Karena , batu cincin yang bagus tentunya dapat dilihat dari kesempurnaan fisiknya .

Batu Cincin Anda Adalah Asli

Cara yang kedua adalah memastikan bahwa batu cincin anda merupakan barang yang asli . Anda dapat mengetahuinya melalui uji coba laboratorium atau membeli alat khusus pendetesi batu mineral. Selain itu , cara-cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengetahui keaslian batu adalah sebagai berikut :
  1. Membakar batu . Batu yang asli akan mudah dingin apabila dibakar , sedangkan kaca atau masakkan atau pabrikasi , akan sangat lama dinginnya . Selain itu juga , batu yang asli tidak akan berubah warna jika dibakar , dan terlihat seperti embun pada area yang dibakar .
  2. Menggesekkan Batu ke Kaca . Jika batu anda adalah asli , maka akan terdengar suara kesat saat digesekkan . Tetapi apabila batu anda adalah kaca , maka gesekkan akan terasa sangat licin .
  3. Untuk memastikan batu anda adalah asli , anda dapat melakukan uji laboratorium terdekat di kota anda . Pastikan anda meminta suratnya , jika sewaktu-waktu anda ingin menjual dan memastikan bahwa batu anda adalah asli .

Memiliki Warna Yang Bagus

Tidak semua bongkahan batu dapat dijadikan cincin . Hal ini karena setiap bagian pada batu memiliki kualitas yang berbeda-beda . Contohnya saja adalah anda membeli batu cempaka madu . Tetapi warna pada batu anda tidak seperti madu , maka batu anda belum memiliki kriteria batu yang berkualitas .

Selain itu juga , semakin jernih sebuah batu , biasanya harganya juga akan semakin mahal . Ada perbedaan di setiap kalangan penggemar batu cincin menilai jenis batu yang memiliki kualitas yang baik . Ada yang menilai dari kejernihannya , kekerasannya , dan ada juga yang menilai sebuah batu dari motif dan warnanya . Hal ini tentunya masuk kedalam ranah pribadi anda sebagai seorang penggemar batu .

Sebagai Ucapan Terimakasih, Dimohon Bantuannya Untuk Mengembangkan Blog Ini Dengan Download Aplikasi Android Ini. Terimakasih Banyak
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengetahui dan Melihat Batu Cincin Yang Bagus

Berikan Komentar Seputar Cara Mengetahui dan Melihat Batu Cincin Yang Bagus

Pengunjung